Jakarta – IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan hari ini dibuka menguat, IHSG mengalami Kenaikan 26 poin atau 0,34% ke level 7.580 usai Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah calon menteri, IHSG berlanjut menguat sampai bergerak di level 7.590.

Dikutip dari RTI, IHSG berada pada level tertingginya pada 7.599 dan terendahnya 7.573, ada sebanyak 200 saham menguat, 136 melemah, dan juga 197 stagnan.

Financial expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam risetnya menjelaskan sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini yaitu diantaranya dari dalam negeri, IHSG kembali menguat saat menjelang pengumuman posisi Menteri untuk pemerintahan baru yaitu Prabowo-Gibran.

Kenaikan ULN atau Utang Luar Negeri Nasional terjadi pada segment ULN pemerintah dan ULN swasta. Bila diakumulasi, rasio Utang Luar Negeri Nasional terhadap PDB sebesar 31%, hal tersebut ada sebesar 84,3% yang didominasi oleh utang jangka panjang. Sementara, dalam pekan ini pelaku pasar menunggu keputusan suku bunga BI Rate yang berpotensi mengalami penurunan 25 bps atau menjadi 5,75%.

Dari Asia, surplus neraca dagang Tiongkok pada Septemberr tahun 2024 lalu sebesar US$ 81,71 miliar atau lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebesat USD 75,5 miliar. Rasio secara tahunan untuk ekspor mengalami pertumbuhan 2,4% sementara impor tumbuh minimalis yaitu sebesar 0,3% sejalan dengan lemahnya daya beli.

Sementara dari mancanegara, Busrsa Wall Street menguat terbatas, tetapi Indeks Dow Jones dan Nasdaq juuga melaporkan rekor all time high, yaitu Pelaku pasar optimis pendapatan emiten akan tetap solid walaupun mendapatkan tekanan akibat suku bunga yang tinggi.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *