Fakta Oto – All New Honda Beat generasi keenam resmi meluncur pada awal Juni 2024 dengan segudang perubahan yang menjadikannya motor yang paling hemat bahan bakar di kelasnya dengan harga sekitar Rp18 jutaan. Pabrikan mengklaim bahwa kombinasi dari desain mesin, sistem ISS, CVT, dan rangka eSAF membuatnya sangat efisien untuk berbagai jenis jalanan.

Motor ini menggunakan mesin 110 cc SOHC dengan sistem injeksi PGM-FI yang tergabung dalam teknologi eSP (enhanced Smart Power). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 6,6 kW atau 9 PS pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimum 9,2 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu, mesin ini sudah memenuhi standar emisi Euro 3, membuatnya lebih ramah lingkungan.

Salah satu inovasi signifikan adalah pengurangan bobot blok mesin sekitar 10 persen dibanding generasi sebelumnya. Ubahan juga terjadi pada ukuran diameter dan langkah piston yang kini menjadi 47 x 63,1 mm dari yang sebelumnya 50 x 55,1 mm. Kompresi mesin juga ditingkatkan dari 9,5:1 menjadi 10:1, yang berkontribusi pada efisiensi bahan bakar.

All New Honda Beat 2024 dilengkapi dengan kapasitas pelumas sebesar 0,65 liter untuk mendukung kinerja mesin 109,5 cc. Hasil tes internal menggunakan metode Worldwide Motorcycle Test Cycle (WMTC) menunjukkan konsumsi bahan bakar mencapai 60,6 km/liter, memungkinkan motor ini menempuh jarak hingga 254,52 km dengan satu tangki penuh.

Keiritan bahan bakar juga didukung oleh penggunaan v-belt model W-Cog dan sistem kopling otomatis sentrifugal tipe kering, yang mengurangi gesekan dan kebisingan selama distribusi tenaga ke roda belakang. Fitur ISS (Idling Stop System) semakin menambah efisiensi dengan mematikan mesin saat berhenti sejenak di lampu merah atau kemacetan, mencegah pemborosan bahan bakar.

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) tetap menjadi andalan untuk struktur dasar All New Honda Beat. Meskipun ada kontroversi mengenai kualitas sasis yang sempat dipertanyakan akibat kasus keropos, AHM tetap menggunakan rangka jenis ini karena lebih ringan dan diklaim dapat menambah efisiensi bahan bakar. Bobot motor tipe Deluxe dan Deluxe Smart Key hanya 87 kg, sedangkan model tubular keluaran 2019 memiliki berat 93 kg (tipe CBS-ISS). Pabrikan memberikan jaminan rangka eSAF hingga 5 tahun tanpa batasan jarak penggunaan.

All New Honda Beat memiliki dimensi panjang 1.876 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.080 mm, dengan jarak sumbu roda 1.255 mm dan titik terendah ke tanah 148 mm. Volume tangki bensin tetap 4,2 liter dan tinggi tempat duduk 742 mm, yang sangat cocok untuk postur rata-rata masyarakat Indonesia, sehingga tidak perlu jinjit saat mengendarai.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *